Cara Mengatasi Baterai Dicharge Malah Berkurang

Diposting pada

Blog.HAX.co.id — Cara Mengatasi Baterai Dicharge Malah Berkurang. Baterai merupakan komponen penting dalam ponsel. Di mana seluruh sistem ponsel membutuhkan yang namanya baterai. Baterai sendiri memiliki batas daya pakai dan bisa rusak. Salah satu contoh kerusakannya adalah jumlah baterai yang sering turun dratis atau cepat habi. Normalnya sebuah baterai ponsel bisa bertahan untuk seharian penuh dalam pemakaian wajar, dan jika terlalu sering melakukan charging, tentunya baterai akan cepat rusak.

Namun terkadang ada hal aneh yang terjadi, yaitu baterai yang malah berkurang ketika sedang dicharge. Penyebab utamanya adalah tidak masuknya charge karena tidak bisa menerima arus masuk listrik, namun ada beberapa penyebab lain. Untuk mengetahuinya kalin bisa simak artikel di bawah ini.

Gunakan Charger Orisinal

Pastikan kalian menggunakan charger orisinal dari ponsel kalian. Hal ini karena terkadang charger dari ponsel lain tak cocok terhadap baterai ponsel kita, sehingga arus listriknya tak dapat masuk.

Gunakan Kabel Data Lain

Untuk kendala adaptor, mungkin ini sangat jarang terjadi. Namun apabila terkait kabel data, hal ini sering terjadi. Hal ini sering terjadi oleh pengguna ponsel yang menggunakan kabel tipe C (Fast charging).

Jadi, cobalah untuk menggunakan kabel data lain.

Baterai Rusak dan harus Diganti

Ada kemungkinan baterai ponsel kamu memang sudah rusak. Untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan charger duduk (jika baterai bisa di copot). Jika baterai bisa tercharge penuh, kalian bisa mengikuti solusi terakhir di bawah ini.

Terdapat Kerusakan Hardware pada Ponsel

Kita masuk solusi terakhir. Jika seluruh solusi di atas tidak membuahkan hasil, maka kemungkinan besar terdapat kerusakan pada hardware ponsel kalian, baik itu port chargernya atau komponen lain. Untuk masalah ini, silahkan serahkan ke ahlinya atau ke service center.

Sekian tutorial “Cara Mengatasi Baterai Dicharge Malah Berkurang”. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.