Cara Install XDM: Alternatif IDM Untuk Linux

Diposting pada

Blog.HAX.co.id — Cara Install XDM: Alternatif IDM Untuk Linux. Mungkin kalian sudah tahu tentang program IDM yang hanya tersedia di Windows. IDM merupakan program downloader paling popular dan banyak sekali digunakan. Tapi apakah ada aplikasi sejenis yang memiliki fungsi yang sama? Tentu saja ada, XDM merupakan aplikasi sejenis dengan IDM yang bisa kamu install di Linux. Untuk cara pemasangannya simak tutorial singkat di bawah ini.

Tutorial Install XDM di Linux

XDM memiliki ciri penggunaan yang hamper sama seperti IDM di Windows. Popup unduhan akan muncul ketika mendeteksi adanya unduhan adri browser. XDM juga terintegrasi di beberapa browser dengan adanya ekstensi.

Proses Instalasinya sangat mudah, berikut adalah Langkah-langkahnya.

Download XDM (Xtreme Downlaod Manager)

Pertama-tama, unduh terlebih dahulu aplikasi XDM melalui situs xtremedownloadmanager.com atau bisa mengetik perintah di bawah ini melalui terminal:

wget https://github.com/subhra74/xdm/releases/download/7.2.11/xdm-setup-7.2.11.tar.xz

Instalasi XDM Via Terminal

Setelah mengunduh file tadi, ekstrak filenya dengan menggunakan perintah:

tar xvf xdm-setup-7.2.11.tar.xz

Setelah terekstrak, ketik perintah instalasi di bawah ini:

sudo ./install.sh

Kemudian tunggu proses installnya selesai.

Memasang Ekstensi XDM di Browser

Tahap terakhir adalah memasang ekstensi XDM agar mempermudah integrasi browser dan aplikasi XDM. Silahkan buka aplikasi XDM, nantinya akan muncul menu Browser Monitoring pada bagian kanan, silahkan pilih sesuai browser kalian.

Cara Install XDM: Alternatif IDM Untuk Linux

Done.

Kesimpulan

Sekian tutorial “Cara Install XDM: Alternatif IDM Untuk Linux“. XDM merupakan alternatif IDM terbaik yang bisa kalian gunakan di Linux dengan kecepatan yang tinggi dan tentunya gratis. Dan semoga bermanfaat!.