Cara Install Neofetch di Windows

Diposting pada

Blog.HAX.co.id — Cara Install Neofetch di Windows. Bagi kalian pengguna Linux, mungkin kalian sudah tidak asing dengan Neofetch. Neofetch merupakan alat yang menampilkan informasi tentang sistem operasi, dan perangkat keras yang kamu gunakan secara estetik dan tampilan yang keren. Informasi tadi ditampilkan dalam bentuk text dan symbol yang membentuk ikon dari system operasi kalian di dalam Terminal. Namun, apakah neofetch bisa dipasang di Windows? Tentu bisa, dengan mengikuti tutorial singkat di bawah ini, kalian bisa menggunakan Neofetch seperti di Linux.

Install Neofetch di Windows (Winfetch)

Sebenarnya kalian bisa menggunakan aplikasi Neofetch, namun memasang Neofetch pada windows terkadang sulit. Hal ini disebabkan karena sering terjadi error pada proses pemasangannya. Dan terkadang neofetch tidak bisa menampilkan informasi sama sekali (pengalaman penulis).

Oleh karena itu kalian bisa coba alternatif lain yang bernama Winfetch. Winfetch memiliki performa yang lebih bagus daripada Neofetch, dan kami sangat menyarankan kamu menggunakan aplikasi ini. Tanpa basa-basi berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah 1: Pertama, pastikan kalian terhubung ke internet. Kemudian buka Windows Terminal atau Powershell.

Lalu masukkan perintah berikut :

Set-ExecutionPolicy RemoteSigned -scope CurrentUser

Copy dan Paste perintah di atas dan tekan Enter.

Lalu masukkan lagi perintah-perintah di bawah ini dan lakukan hal yang sama.

irm get.scoop.sh | iex
iex "& {$(irm get.scoop.sh)} -RunAsAdmin"
scoop install winfetch

Copy perintah di atas lalu Paste dan kemudian tekan enter. Pastikan urutannya benar.

Langkah 2: Setelah selesai, kalian bisa coba membuka Winfetch dengan mengetik perintah Winfetch.

Langkah 3: Jika kalian ingin winfetch terbuka otomatis saat kalian membuka Powershell atau Terminal, kalian bisa buka Powershell atau Terminal, kemudian masukkan perintah berikut:

New-Item $profile -Type File -Force

Kemudian buka folder Document > Windows Powershell lalu klik kanan File Microsoft.PowerShell_profile.ps1 dan pilih Edit atau kalian bisa membukanya menggunakan text editor seperti Notepad++.

Cara Install Neofetch di Windows

Selanjutnya, kalian tinggal masukkan winfetch pada file tersebut, lalu save.

Cara Install Neofetch di Windows

Langkah 4: Buka kembali powershell atau Windows Terminal kalian. Maka Winfetch akan terbuka otomatis. Done

Untuk kostumisasi pada bagian gambar atau ASCII Art Winfetch akan kita bahas di artikel lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.