Cara Mengecualikan Website dari VPN di Windows

Diposting pada

Blog.HAX.co.id — Menggunakan VPN bisa menjadi pilihan Ketika kamu ingin membuka website yang tidak bisa kamu akses pada negara tertentu. Karena secara virtual, pengguna bisa berpindah tempat atau negara, sehingga bisa mengakses website yang diblokir sebelumnya. Pada saat menggunakan VPN, mungkin kamu ingin  mengakses sebuah website tanpa perlu menggunakan jaringan vpn, maka kamu perlu mematikan VPN terlebih dahulu dan mengaktifkannya kembali ketika selesai mengakses website tersebut. Hal tersebut tentunya akan merepotkan. Untukngnya, kamu bisa menggunakan static routing untuk mengecualikan website dari VPN di windows kamu.

Mengecualikan Website dari VPN di Windows

Pertama buka Command Prompt as Administrator.

Kemudian ketikkan perintah:

ping blog.hax.co.id

Perintah ping berfungsi untuk mengetahui IP address dari blog HAX. Kamu bisa mengganti blog.hax.co.id dengan nama website yang kamu inginkan.

Lalu ketikkan perintah:

route -p add 172.67.179.96 192.168.1.1

Dan kemudian enter. Kamu bisa mengganti 172.67.179.96 dengan IP Address website yang kamu inginkan dan 192.168.1.1 dengan alamat IP DHCP (alamat router, kamu bisa gunakan command ipconfig /all untuk mengeceknya).

Cara Mengecualikan Website dari VPN di Windows

Ketikan perintah:

route print -4

Untuk melihat status route. Makan akan muncul IP Address yang sudah kamu masukkan pada Langkah sebelumnya tadi. IP address tersebut akan menggunakan static routing, dengan kata lain akan di kecualikan dari koneksi VPN yang aktif.

Selesai.

Jika kamu ingin menghapus static routing, ketikkan perintah:

route delete 172.67.179.96 192.168.1.1

Ganti IP address sesuai dengan yg kamu punya.

Cara Mengecualikan Website dari VPN di Windows

Terakhir, kamu tinggal mengakses website yang sudah kamu kecualikan tadi.

Penutup

Sekian tutorial ini kali ini, semoga bermanfaat!