Cara Mengganti Browser Default di Windows 11

Diposting pada

Blog.HAX.co.id — Cara Mengganti Browser Default di Windows 11. Di Windows 10, mengubah browser bawaan atau default sangat mudah. Namun, pada Windows 11 kamu harus melakukan beberapa pengaturan lagi. Dalam rangka mempromosikan browser Edge mereka, Microsoft secara default menjadikan Edge sebagai browser default pada Windows 11. Untungnya kamu bisa bisa mengubahnya di Settings, meskipun Microsoft membuat prosesknya tidak jelas dan lebih sulit. Berikut adalah tutorialnya.

Mengganti Browser Default di Windows 11

Untuk mengganti browser bawaan windows 11 kalian, kalian perlu melakukan sedikit pengaturan.

1. Pertama, buka aplikasi Setting dengan menekan Win + I pada keyboard kamu. Atau bisa membukanya melalui Start Menu.

2. Pada menu Setting, klik “Apps” dan kemudian klik “Default Apps”.

Cara Mengganti Browser Default di Windows 11

3. Kemudian, pada kotak pencarian di bawah “Set Default for Applications, ketik nama browser kamu yang ingin dijadikan browser default di Windows 11 (Chrome atau firefox). Kemudian, klik Namanya di kotak hasil di bawah.

Cara Mengganti Browser Default di Windows 11

4. Pada menu berikutnya, kalian akan melihat beberapa ekstensi file yang bisa kalian ubah. Untuk mengubahnya kalian harus mengklik masing-masing jenis ini dan memilih browser yang kalian gunakan. Untuk awal-awal, klik kotak aplikasi pada bagian .HTM.

Cara Mengganti Browser Default di Windows 11

5. Kemudian akan muncul pop up, klik browser yang ingin kalian gunakan lalu klik OK.


6. Setelah itu klik Switch Anyway.

7. Setelah kamu mengubah default browser untuk.HTM, ulangi langkah di atas dengan .HTML, .SHTML, .XHT, .XHTML, HTTP, dan HTTPS. Klik setiap entri, lalu atur pengaitan ke browser pilihan kamu. Setelah selesai, kamu akan memiliki daftar aplikasi default yang penuh dengan asosiasi ke browser yang ingin digunakan.

Done

Kesimpulan

Sekian tutorial singkat ini, maupun agak sedikit rumit, namun dengan cara kalian lebih leluasa menggunakan browser yang sering kalian gunakan ketimbang menggunakan Edge. Semoga bermanfaat